Impor Emas India Diramal Melonjak di Akhir Tahun

Impor emas di India diprediksi akan naik untuk kali pertama dalam enam kuartal terakhir pada kuartal IV 2012. Hal itu diungkapkan oleh Bachhraj Bamalwa, chairman All India Gems & Jewellery Trade Federation.

Menurut Bawalwa, pembelian emas luar negeri India akan melonjak hingga 200 metrik ton pada kuartal IV 2012. Sebagai perbandingan, data World Gold Council menunjukkan, pada kuartal IV 2011, jumlah pembelian emas dari luar negeri India hanya sebesar 157 metrik ton.

Bamalwa juga bilang, pembelian pada kuartal yang berakhir September kemungkinan akan turun menjadi 170 ton dari 205 ton pada periode yang sama tahun sebelumnya. Sekadar informasi, lembaga riset ini belum merilis data untuk kuartal III.

Ada beberapa alasan yang mendasari prediksi Bamalwa. Salah satunya, penurunan harga emas di pasar domestik mendongkrak permintaan perhiasaan dan investasi menjelang perayaan festival di India.

Rebound atas impor emas India akan mempertahankan rally harga emas global yang sudah melonjak 11% di sepanjang tahun ini. Harga emas di India sendiri sudah turun sekitar 3% sejak melonjak ke rekor tertingginya pada bulan lalu, pasca rupe mencatat penguatan terbesar bulanan terhadap dollar sejak Januari.

"Apresiasi yang kita lihat pada rupe menyebabkan harga emas terkoreksi dari level rekor dan koreksi ini dapat dilihat sebagai kesempatan investor untuk kembali mengoleksi emas. Dengan datangnya musim festival dan pernikahan di India mulai saat ini, permintaan emas akan terus menanjak," jelas Chirag Mehta, fund manager Quantum Asset Management Co.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Your Ad Here
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...