Blanchflower - Sang Pemberani di BoE (Bank of England)


David Graham Blanchflower (lahir 2 Maret 1952) adalah ekonom buruh terkemuka, saat ini profesor ekonomi pengajar tetap di Dartmouth College, Hanover, New Hampshire. Dia juga seorang Research Associate di National Bureau of Economic Research, profesor part-time di Universitas Stirling, dan Research Fellow di Pusat Studi Ekonomi di University of Munich dan (sejak 1999) Institut Studi tenaga kerja (Iza) di Universitas Bonn. Dia adalah seorang anggota eksternal Bank of England yang menetapkan suku bunga-Komite Kebijakan Moneter (MPC) dari Juni 2006 hingga Juni 2009. Blanchflower mempunyai dua kewarganegaraan yaitu Inggris dan AS, setelah pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1989. Blanchflower diangkat menjadi Komandan The  Order of the British Empire (CBE) di tahun 2009 dimalam penghargaan Birthday Honours.

 Pendidikan
Blanchflower masuk ke Sekolah Dasar Varndean Grammar School for Boys di Brighton dan Cantonian High School di Cardiff. Dia melanjutkan untuk mendapat gelar BA Ilmu Sosial (Ekonomi) di Universitas Leicester pada tahun 1973 dan mendapat Sertifikat dalam Pendidikan Pascasarjana di Universitas Birmingham pada 1975. Dia menerima gelar M.Sc. (Ekonomi) di University of Wales pada tahun 1981 dan Ph.D. pada tahun 1985 di Queen Mary, Universitas London. Dia juga dianugerahi gelar kehormatan A.M. pada tahun 1996 di Dartmouth College dan gelar kehormatan Doctor of Letters di University of Leicester di tahun 2007 dan kehormatan Doctor of Science dari Queen Mary College, Universitas London pada Juli 2009.
Bekerja dalam koridor ekonomi
Blanchflower bertugas sebagai Peneliti di Institut Ketenagakerjaan Penelitian di University of Warwick 1984-1986, ketika ia menjadi dosen di Departemen Ekonomi di Universitas Surrey,pos yang dipegangnya hingga 1989 sebelum ia pindah ke Amerika Serikat.
Dia telah menjadi anggota Dewan Editorial Ekonomi Bisnis Kecil, Skotlandia Journal of Political Economy, dan Hubungan Industri dan Tenaga Kerja. Dia juga telah menjadi tenaga ahli di Research Associate di Pusat Kinerja Ekonomi di London School of Economics dan pada Jaringan Perburuhan Internasional Kanada.
Kurva Upah
Blanchflower dengan Andrew Oswald bekerja selama 8 tahun untuk menciptakan kurva upah dari 4 juta orang di 16 negara, berpendapat bahwa kurva upah, yang diplot dari nilai upah terhadap pengangguran, dapat diterapkan dalam makro ekonomi. Blanchflower mengatakan bahwa kurva Phillips adalah salah.
The Guardian memuji temuan Blanchflower sebagai “salah satu temuan yang paling merusak ekonomi kontemporer”.implikasi, bahwa upah yang tertinggi terjadi saat pengangguran rendah dan bukan sebaliknya.
Kebahagiaan
Banyak karya Blanchflower telah terfokus pada ekonomi kebahagiaan. Dia telah mengemukakan korelasi antara usia dan kebahagiaan, menurun melalui 20-an, 30-an, dan 40-an sebelum meningkatkan di masa pensiun. Dia telah diberi label sebagai “guru kebahagiaan” atas kemampuan untuk mengukur peningkatan kebahagiaan bagi individu-individu yang sudah menikah atau sering berhubungan seks, pekerjaan yang mempunyai aplikasi dalam perceraian hukum dan iklan farmasi. Dia telah diwawancarai beberapa kali di NPR dan New Hampshire Public Radio tentang pekerjaannya di bidang ini.
Komite Kebijakan Moneter
Blanchflower bergabung dengan Komite Kebijakan Moneter Bank of England pada bulan Juni 2006, menggantikan Stephen Nickell. Sebelum penunjukannya, Michael Fallon mempertanyakan non-residensi di parlemen di Treasury Select Committee. Dia mengatasi masalah ini dengan mengatur konferensi panggilan rapat. Sejak penunjukannya, ia telah memberikan suara dalam minoritas di lima dari sebelas pertemuan. Dia memutuskan untuk mempertahankan tingkat bunga dalam sembilan pertemuan pertama, tetapi untuk mengurangi tingkat suku bunga Maret 2007. Enam anggota MPC Blanchflower telah melayani selama waktunya di MPC. Terus-menerus Blanchflower memberikan suara untuk pemotongan suku bunga. Sementara enam lainnya telah memilih kenaikan suku bunga rata-rata 0,25% (dengan minimum 0,25% penurunan) selama periode yang sama ini Blanchflower telah memilih untuk secara kumulatif penurunan suku bunga 3,25%. Blanchflower menjauhkan diri lebih lanjut dari konsensus melalui pemungutan suara untuk mempertahankan suku bunga 0,5% terhadap delapan anggota yang lain.
Pada musim gugur tahun 2008, di seluruh dunia situasi ekonomi mulai menurun secara dramatis, paling jelas dibuktikan oleh jatuhnya nilai-nilai saham di seluruh dunia secara dramatis. Pada tanggal 8 Oktober 2008, BOE mengambil bagian dalam satu set secara serentak mengumumkan pemotongan tingkat suku bunga. Pelonggaran moneter global ini agak dibenarkan oleh sikap Blanchflower selama setahun, dan Mervyn King kemudian mengakui bahwa pendapat minoritas Blanchflower benar. MPC BoE kemudian melakukan tindakan mempertahankan suku bunga yang belum pernah ada di Bank of England. Pada Maret 2009 diumumkan bahwa Blanchflower akan digantikan oleh David Miles pada akhir masa jabatannya, 31 Mei 2009. Ia dianugerahi CBE di Queen’s Birthday Honours daftar pada Juni 2009.
Selama Bekerja
Dari bulan September 2009, David Blanchflower telah menulis sebuah Kolom Ekonomi untuk New Statesman. Berikut adalah karya-karya terpilih hasil tulisannya :
- Kerja paruh waktu di Britania Raya tahun 1980, Departemen Tenaga Kerja Research Paper No 57, 1987.
- Penghasilan dari jabatan san sejarah bekerja : siapa yang mendapatkan pekerjaan yang baik?, Departemen Ketenagakerjaan Research Paper No 68, 1989.
- Kebijakan pasar tenaga kerja Swedia : Laporan dari Lembaga Non-Nordic, yang diterbitkan oleh Departemen Tenaga Kerja Swedia, Stockholm, Swedia, 1995.
- Kurva Upah, diterbitkan pada tahun 1994 oleh MIT Press, Cambridge, Massachusetts.
- Penyesuaian biaya tenaga kerja berdasar wilayah: analisis dan pendekatan baru, Ekonomi Nasional Research Associates, London, Mei 1996.
- Penyesuaian biaya tenaga kerja berdasar wilayah: analisis dan bukti empiris pada pendekatan baru, Ekonomi Nasional Research Associates, London, Mei 1996.
- Penyesuaian biaya tenaga kerja berdasar wilayah: dipisahkan perkiraan, London Ekonomi, Juni 1996.
- Review daerah penyesuaian biaya tenaga kerja: proyek A – laporan akhir, London Ekonomi, Juni 1996.
- Peran dan pengaruh serikat buruh di OECD, laporan kepada Biro Urusan Buruh Internasional, US Department of Labor, Agustus, 1996.
- Tingkat Upah di daerah Britania; laporan untuk Tesco, London Ekonomi, September 1996.
Analis  Says
Kami melihat peran penting Blanchflower dalam mengatasi imbas krisis 2008 dalam pemotongan suku bunga Inggris hingga 0.5% saat ini. Kini, sepeninggal Blanchflower, BoE dibawah Marvin Kings, menghadapi keadaan-keadaan sbb :
1. Tingginya defisit anggaran Inggris. Hal ini disebabkan karena Inggris menemani Amerika memerangi Irak & Afganistan dalam waktu lama.
2. Angka pengangguran semakin tinggi karena berkurangnya lapangan pekerjaan. Banyak anak muda Inggris memilih mencari kerja di negara-negara zona  Euro.
3. Pajak penghasilan mencapai 50%. Jika diterapkan di Indonesia, pasti banyak yang menjerit-jerit & berteriak keras karena tingginya PPh….hehehe…
4.  Depresiasi nilai Poundsterling sering terjadi sewaktu-waktu, karena 60% lebih data ekonomi Inggris periode Juli 2008 – Oktober 2009 membuat efek negatif untuk Poundsterling. Rasio Euro dan Poundsterling saat ini mencapai 90% lebih atau diatas 0.9, dimana 1 Euro sudah mencapai 0.9 Pound.
5. Kiblat ekonomi Inggris saat ini masih ke Amerika Serikat. Suatu saat, jika Amerika mengalami resesi ekonomi yang parah, Inggris akan bergabung dengan zona euro. Mata uang Pound, menurut pakar, akan bergabung atau melebur dengan euro. Jika benar seperti itu, nilai satu Euro akan setara dengan $ 3 – $3.5.
Pendeknya, Inggris saat ini masih mengalami resesi ekonomi. GDP Inggris sebelum artikel ini dirilis mencapai -0.4%. Adalah tugas Bank of England dan Departemen Perekonomian & Keuangan Inggris untuk membawa negara Ratu Elizabeth itu keluar dari lembah terdalam resesi ekonomi.
Semoga muncul Blanchflower-Blanchflower baru di BoE yang pemikirannya merevolusi kinerja  bank sentral Inggris & Depkeu sehingga negara Inggris dapat mencapai kemakmurannya lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Your Ad Here
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...